
PosIND Communication Summit 2025: Strategi PR untuk Reputasi yang Menghasilkan Revenue
Bandung – Pos Indonesia menggelar PosIND Communication Summit 2025 pada 5-6 Februari 2025 di Grha Pos Indonesia, Bandung. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas komunikasi karyawan agar dapat menyampaikan pesan secara profesional sesuai dengan Asta Cita Presiden RI, memperkuat konsistensi pesan kepada masyarakat, serta meningkatkan kesiapan dalam menghadapi krisis dan mendorong kolaborasi antar divisi.
Salah satu pembicara utama dalam acara ini adalah Fardila Astari, pakar komunikasi strategis dari Reputasia Strategic Communications. Dalam sesi bertajuk “From Reputation to Revenue”, ia menekankan pentingnya peran Strategic Public Relations dalam mengelola komunikasi perusahaan secara efektif guna mendukung pencapaian tujuan bisnis.
Menurut Fardila, keberhasilan komunikasi strategis tidak hanya diukur dari jangkauan media (earned media), tetapi juga dari dampaknya terhadap pertumbuhan bisnis. Ia memperkenalkan berbagai model perencanaan komunikasi, termasuk ROSTIR (Research, Objective, Strategy, Tactic, Implementation, Reporting & Evaluation) serta penggunaan PESO Model (Paid, Earned, Shared, Owned) sebagai pendekatan efektif dalam distribusi pesan komunikasi.

“Sudah saatnya PR tidak hanya berfokus pada hubungan media, tetapi juga mengintegrasikan berbagai kanal komunikasi untuk mencapai tujuan organisasi. Dengan pendekatan berbasis data dan strategi yang terukur, reputasi dapat dikonversi menjadi pendapatan yang nyata bagi perusahaan,” ujar Fardila.
Dalam sesi ini, peserta juga diperkenalkan dengan prinsip Barcelona Principles 3.0, yang menjadi standar global dalam pengukuran efektivitas komunikasi AMEC Framework yang mengedepankan evaluasi berbasis Output, Out-take, Outcome, dan Impact. Hal ini bertujuan untuk memastikan setiap aktivitas komunikasi memberikan nilai tambah bagi perusahaan.
Dalam acara ini, Corporate Secretary Pos Indonesia, Tata Sugiharta menegaskan komitmen perusahaan dalam memperkuat peran komunikasi strategis guna mendukung transformasi bisnis di era digital.
“Acara ini merupakan langkah strategis dalam membangun komunikasi yang kuat di lingkungan Pos Indonesia melalui pelibatan karyawan untuk memperkuat sinergi serta semangat kerja sama dalam perusahaan. Diharapkan nantinya setiap karyawan dapat lebih sigap dalam merespons perubahan zaman dan dinamika industri yang semakin cepat,” ujarnya.
PosIND Communication Summit 2025Dengan terselenggaranya PosIND Communication Summit 2025, diharapkan karyawan Pos Indonesia dapat mengoptimalkan peran komunikasi strategis untuk menghadapi tantangan industri serta meningkatkan daya saing perusahaan di masa depan.